Home > Uncategorized > Kedermawanan & Kebersihan Hati

Kedermawanan & Kebersihan Hati

Rasulullah saw pernah bercerita tentang orang-orang yang telah mencapai derajat yang tinggi. Sekiranya salah seorang di antara mereka mati, Tuhan akan menggantikannya dengan orang yang sama seperti mereka. Menurut Rasulullah saw, karena orang-orang inilah Allah menurunkan hujan, menumbuhkan tanaman, menghidupkan dan mematikan, serta membuat sehat dan sakit. Kalau mereka datang di satu tempat, Allah akan selamatkan tempat itu dari tujuh puluh bencana.

Setelah itu, Rasulullah saw bertanya kepada para sahabat: “Tahukah kalian bagaimana mereka mencapai derajat yang setinggi itu? Mereka mencapainya bukan karena banyaknya salat dan haji; mereka mencapai derajat itu karena dua hal. Pertama, al-sakhâwah (kedermawanan) dan kedua, al-nasîhatul lil muslimîn (hatinya bersih dan tulus terhadap sesama muslim).” Dua hal inilah yang mengantarkan orang kepada tingkat yang lebih tinggi.

Kedermawanan dan kebersihan hati memang memiliki keterkaitan. Kalau orang sudah dermawan, insya Allah, hatinya pun bersih. Seperti disebutkan dalam surat Muhammad ayat 36-37 di atas, bila kita mengeluarkan harta kita, Tuhan juga akan menghilangkan penyakit-penyakit hati kita. Kebakhilan merupakan ungkapan egoisme.
Orang yang bakhil adalah orang yang tidak mau berbagi dengan orang lain dan ingin memiliki sesuatu hal hanya untuk dirinya sendiri.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment