Home > Uncategorized > SUARGA ~ ALAM TANPA ANGAN

SUARGA ~ ALAM TANPA ANGAN

Saya akan TERSENYUM kalau dengar agen2 marketing NIRWANA ngetwit “Siapkan Infaq/wakaf terbaik untuk property di surga!”, “mati syahid akan dikelilingi 72 bidadari surga…!” dll .. wooooww… bebas2 aja lah klo sebagian besar org membayangkan SURGA adalah tempat ragawi yg penuh kenikmatan…!

SURGA berasal dari bahasa sansekerta “suar” (cahaya) dan “ga” (jalan) jadi bisa diartikan sebagai PERJALANAN MENJADI CAHAYA.
Surga adalah keadaan yang tidak memiliki subyek, sehingga itu adalah keadaan yang tanpa perbuatan. Kalau tidak ada subyek maka tidak ada obyek. Lalu apa yang ada di dalam surga? Suwung alias kosong atau hampa, tidak ada materi yang dikejar di surga.

Surga itu DAMAI karena memang tidak ada materi yang perlu diperebutkan. Tidak ada pilpres, ataupun pilkada di surga… qiqiqiqiqi !@#$%^&Seandainya manusia terkungkung rutinitas jasadi, terbelenggu raga, dia akan gagal dalam upaya menemukan TUHANnya. Seharusnya motivasi melaksanakan sembahyang kepada Tuhan Yang Maha Suci bukan karena takut neraka atau tergiur iming-iming surga.

Jadi, INSAN KAMIL adalah menjadi manusia tanpa angan-angan. Batinnya berada di dalam alam yang tanpa wujud, alam tanpa nilai. Alam bebas tanpa kerangkeng dan penjara. Alam ketiadaan, alam Suwung yaitu alam KEBAHAGIAAN; alam bebas dari segala bentuk keinginan dan angan. Saat berada di alam suwung itulah manusia akan mengalami Swarga (kebahagiaan yang kekal abadi). Jadi Surga itu bukan suatu bentuk, tapi suatu keadaan.Sesungguhnya menerima “DUNIA” ini sama artinya menerima neraka dan bergelimang dalam apinya. Manusia tidak akan menyadari hakikat ini sampai ia berpindah ke ALAM AKHIRAT.

Allah SWT berfirman,”Kulit mereka menjawab; ‘Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berbicara telah menjadikan kami pandai berkata (pula)'” (QS 41:21)

Dikeheningan Malam@TepiGasibu
~ 18Okt2020

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: