Home > Uncategorized > Qithmir – Anjingpun Masuk Surga

Qithmir – Anjingpun Masuk Surga

anjingDalam Islam ada riwayat yang mengatakan bahwa ada 10 hewan yang masuk surga. Salah satunya adalah Qithmir. Apa itu Qithmir? Qithmir adalah nama seekor anjing yang di dalam hukum islam liurnya dihukumi najis. Lalu apa yang membuat Qithmir bisa masuk ke surga? Itu karena kesetiaan Qithmir dalam menjaga tuannya (Ashabul Kahfi) di mulut goa.

Setia memanglah sifat utama seekor anjing. Aku ingin sedikit bercerita tentang kisah kesetiaan seekor anjing. Dahulu di Jepang ada seekor anjing yang bernama Hachiko milik tuan Prof. Ueno yang bekerja sebagai dosen. Setiap pagi Hachiko mengantar tuannya ke stasiun kereta dan kembali ke stasiun di sore untuk menjemput tuannya itu.

Suatu hari tuan Ueno meninggal dunia karena serangan jantung di kampus tempat ia mengajar. Tentu seekor anjing tidak mengetahui jika tuannya telah tiada. Hachiko setiap sore selama 10 tahun masih tetap menunggu tuannya di stasiun hingga anjing itu menua dan mati.

Jika anjing yang najis bisa masuk surga karena sifat setianya, lalu bagaimana kamu bisa mengklaim bahwa surga hanya milik agama atau kelompokmu? Apakah Qithmir (anjing) juga beragama dan sekelompok denganmu?!

Janganlah kekerdilan cara pikirmu seakan membatasi Sifat Rahman (Kasih) Tuhan Yang Maha Besar. Jangan pula sempitnya nalarmu seakan membatasi Sifat Rahiim (Sayang) Tuhan Yang Maha Luas.

Jika Tuhan Yang Maha Adil begitu menghargai sifat baik seekor anjing dengan surga-Nya. Lalu bagaimana kepada manusia yang bersifat baik? Hanya Tuhanlah yang berhak menentukan siapapun yang Dia anggap layak memasuki surga-Nya, bahkan.. Walaupun ia hanya seekor anjing.

By Ali Valentino

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: