Home > Uncategorized > Hak Shalat & Hak Sedekah

Hak Shalat & Hak Sedekah

sabilal
Hak Shalat

Adapun memenuhi hak shalat ialah dengan menyadari bahwa ia adalah cara bertamu kepada Allah; dan bahwasanya engkau berdiri di hadapan Allah. Maka jika telah mengetahuinya, sepatutnyalah kau berdiri sebagai layaknya seorang yang hina dina, yang mendamba dalam kekuatiran, yang takut namun tetap berpengharapan, yang miskin, yang meminta-minta, yang mengagungkan, siapa yang ia hadapi dengan merenung dan merunduk,dengan tubuh yang khusyuk dan jiwa yang tunduk; bermunajat kepada-Nya dalam lubuk hati; mendambakan kebebasan diri dari belenggu yang mengikat leher yang dikalungkan padanya oleh keburukan amal dan dibenamkan sedalam-dalamnya oleh dosa-dosa. Wala quwwata illa billah, tiada kekuatan kecuali yang berasal dari Allah. 

Hak Sedekah

Adapun memenuhi hak sedekah ialah dengan menyadari bahwasanya ia adalah simpananmu di sisi Tuhanmu, dan tabungan yang untuknya tak kaubutuhkan kesaksian. Maka jika kau benar-benar telah mengetahuinya, niscaya hatimu akan terasa lebih mantap dengan apa yang kausimpan secara rahasia di sisi-Nya lebih daripada yang kaulakukan secara terang-terangan. Sebab tidak sepatutnya kausampaikan kepada-Nya rahasia sesuatu yang telah kausiarkan sebelumnya. Dengan demikian ia akan tetap menjadi rahasia antara kau dan Dia saja. Sebaiknya jangan kausiarkan apa yang kautitipkan pada-Nya dengan mempersaksikan telinga-telinga dan mata-mata atas-Nya, seakan yang demikian itu kaurasa lebih mantap dalam dirimu, dan dengan demikian kau tidak cukup mempercayai-Nya untuk mengembalikan titipanmu itu kelak kepadamu.

Kemudian sepatutnya kau juga tak mengungkit- ungkitnya kembali pada orang yang kauberi disebabkan kau merasa bahwa itu adalah kebaikan darimu. Tapi jika kau menyebut-nyebutnya juga, kau pasti tak akan merasa aman bahwa yang demikian itu hanyalah memperburuk keadaanmu saja di hadapan orang yang kau perlakukan seperti itu. Sebab hal itu akan menjadi petunjuk bahwa kau tidak menghendaki pahalanya bagi dirimu. Dan sekiranya kau benar-benar menghendakinya bagi dirimu, niscaya kau tak akan menyebut-nyebutnya di hadapan siapa pun.

Dalam riwayat lain: Adapun memenuhi hak sedekah ialah dengan mengetahui benar-benar bahwa ia adalah sebutan baik bagimu di sisi Tuhanmu (azza wajalla), dan ia adalah titipanmu yang tak kauperlukan kesaksian atasnya. Kau merasa mantap dengan apa yang kautitipkan secara rahasia, lebih dari vang kaulakukan secara terbuka, Kau pun mengetahui dengan pasti bahwa sedekah itu menjagamu dari segala bala (ujian berupa musibah) dan penyakit di dunia dan menjagamu dari api neraka di akhirat nanti.

Tetaplah SEMANGAT Tetaplah SHALAWAT

~♥~اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ~♥~

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: