Home > Uncategorized > Socrates, Seorang Sufi Agung..?

Socrates, Seorang Sufi Agung..?

SocratesTahun 469 SM Socrates lahir, lalu tahun 399 SM dia dihukum mati melalui pengadilan demokrasi. Orang paling bijak inipun menjadi tumbal & korban pertama demokrasi. Di masa akhir hidupnya, Socrates banyak memberi pengajaran dan pencerahan pada anak-anak muda di agora.  Filsuf besar sepanjang masa itu menyampaikan ajarannya di agora  (pasar-pasar Athena) dan bukan di mimbar-mimbar suci & bergengsi. Namun, dia meninggalkan seorang murid terbesar bernama Plato yang lahir tahun 428 SM, lalu di tahun 387 SM Plato mendirikan Akademia di Athena, yang diambil dari nama pahlawan perang Athena bernama Akademos. 

Plato meninggal dunia tahun 348 SM, namun Plato meninggalkan seorang murid besar pula bernama Aristoteles yang lahir tahun 384 SM, dan pada tahun 335 SM, Aristoteles mendirikan Lyceum di Athena. Aristoteles meninggal dunia tahun 322 SM, dan dia meninggalkan seorang murid terbesar bernama Alexander Agung, raja muda dari Makedonia, yang lahir tahun 356 SM. Setelah ayahnya, Phillip II, terbunuh di tahun 336 SM, Alexander naik tahta menjadi raja, dan dua tahun kemudian, sejak 334 hingga kematiannya di tahun 324 SM, Alexander melanglang buana melakukan penaklukan hingga hampir mencapai separo dunia. Bukan hanya melakukan penaklukkan, tapi dia juga menyebarkan ajaran para gurunya, Socrates, Plato dan Aristoteles.

Dan kini, lebih dari 2000 tahun kemudian, ketika kita hendak mempelajari suatu ilmu, biasanya kita diajak terlebih dahulu bertamasya ke Athena di masa para filsuf besar ini masih hidup, kembali ke masa ketika Socrates menyampaikan ajaran-ajarannya di agora. Lihatlah, bagaimana kepak sayap kupu-kupu di samping rumah kita telah menyebabkan tornado di Alaska!

Setelah berlalu 4 generasi, maka ajaran seorang filsuf miskin dan buruk rupa (tapi beristri cantik & cerewet!) di agora beserta ajaran para muridnya menyebar ke seluruh dunia hingga bertahan lebih dari 2000 tahun berkat jasa seorang raja muda berani, tegas dan  bijaksana.

From Lembang with Love….(.. Udah lama gk nulis dgn gaya kieu euii..)
Proudly Powered by Ama Salman al-Banjari
14 Peb 2014

Tetap SEMANGAT Tetap SHALAWAT
~♥~اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ~♥~

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: