Home > Uncategorized > Jadilah Pekerja Keras bukan Pengemis!

Jadilah Pekerja Keras bukan Pengemis!

filSeorang pengemis mendatangi Rasulullah Saw. Ia berkata, “Wahai Rasulullah! Saya seorang miskin. Bantulah saya! Berikan saya uang dan makanan!”

Pengemis ini berpikir bahwa Nabi Muhammad Saw adalah seorang dermawan dan tentu saja permintaannya tidak akan ditolak. Tapi Nabi Saw benci kepada orang yang malas lalu meminta-minta untuk memenuhi kebutuhannya. Beliau berkata, “Bila engkau benar-benar orang yang miskin, aku baru mau membantumu.”

“Wahai pria! Apakah engkau benar-benar tidak memiliki apa-apa lagi, sehingga harus meminta-minta?” tanya Nabi.

Orang itu berkata, “Tidak ada. Saya hanya memiliki sebuah bejana yang kupakai untuk minum air dan sebuah kain yang kupakai sebagai alas.”

Nabi kemudian mengambil bejana dan kainnya lalu menghadap para sahabatnya sambil berkata, “Apakah ada di antara kalian ingin membeli dua benda milik pria ini?”

Dari tengah-tengah sahabatnya seorang mendekati beliau dan berkata, “Saya siap membeli bejana dan kainnya dengan dua dirham.”

Ia kemudian memberikan uang dua dirhamnya lalu mengambil bejana dan kain itu.

Nabi Saw lalu berkata, “Ambil uang ini dan pergilah ke pasar. Satu dirham engkau gunakan untuk membeli makanan dan satu dirham lagi kau belikan tali. Setelah itu engkau pergi ke gurun dan mengumpulkan kayu bakar. Bila telah terkumpul, engkau pergi lagi ke pasar untuk menjualnya. Insya Allah, engkau akan diberi rezeki oleh Allah Swt.”

Pria itu berjanji kepada Nabi Saw akan berusaha dan hasilnya nanti akan disampaikan kepada beliau. Setelah itu ia pamit dan meninggalkan Nabi dan sahabatnya.

Dua pekan setelah kejadian itu, pria itu kembali lagi menemui Rasulullah Saw. Tapi kali ini ia datang dengan wajah berseri-seri. Ia berkata, “Wahai Rasulullah! Semoga Allah menganugerahkan kebaikan kepadamu. Waktu itu saya pamit dari hadapanmu dalam kondisi seorang peminta-minta. Tapi kini saya seorang pekerja keras yang memiliki simpanan uang sebesar 15 dirham.”

Nabi Muhammad Saw terlihat gembira mendengar ucapan pria itu dan kemudian mendoakannya. Setelah itu beliau berkata, “Wahai pria! Coba engkau nilai mana yang terbaik dari bekerja atau meminta? Apa lagi engkau tahu bahwa di Hari Kiamat akan ditempel tulisan pengemis di dahi orang yang suka meminta-minta.”

Sumber: “Sad Pand va Hekayat” Nabi Muhammad Saw

Tetap SEMANGAT Tetap SHALAWAT
~♥~اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ~♥~

Categories: Uncategorized
  1. 28 January 2014 at 4:51 pm

    Very soon this web site will be famous amid all blog people,
    due to it’s fastidious posts

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: