Home > Uncategorized > Miskin ~ Labil Ekonomi

Miskin ~ Labil Ekonomi

Ya ZAINAB
Suatu hari Bahlul pergi menemui Khalifah Harun ar-Rasyid. Ia kemudian meletakkan sebuah uang logam berwarna hitam di telapak tangan Harun. Melihat itu, Harun berkata, “Apa ini?”
Bahlul menjawab, “Saya telah bernazar bila masalahku terselesaikan, maka aku akan bersedekah kepada seorang miskin. Setelah masalahku selesai dan bagaimanapun aku berpikir, aku tidak mendapatkan orang yang lebih miskin darimu.”

Ini masalah yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena kita menyaksikan orang yang memiliki kekayaan, tapi ia masih saja rakus untuk mengumpulkan harta. Ia berusaha siang dan malam, tapi bukan saja ia tidak dapat memanfaatkan hartanya dalam kehidupannya, tidak juga orang lain dapat memanfaatkannya. Apa saja yang telah diraihnya, tapi tetap merasa tidak cukup. Sebaliknya, ada orang yang tidak memiliki harta duniawi, tapi tidak pernah menunjukkan dirinya miskin.

Rasulullah Saw bersabda, “Orang kaya itu bukan yang memiliki banyak harta, tapi orang kaya adalah orang yang hatinya tidak membutuhkan.”[6]

Dengan demikian, hanya kekayaan jiwa yang membuat manusia itu orang kaya atau miskin. Sebaliknya, yang membuat manusia itu senantiasa merasa miskin ada pada jiwanya. Benar, jiwanya miskin dan oleh karenanya ia senantiasa merasa miskin dan membutuhkan.

Proudly Powered by Ama Salman al-Banjari

Mentari Pagi, 18 Sept 2013

Tetap SEMANGAT Tetap SHALAWAT

~♥~اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ~♥~

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: