Home > Uncategorized > Saudara dalam Kemanusiaan

Saudara dalam Kemanusiaan

Terlelap hiks
Saya senang mengulang-ulang kalimat dari Imam Ali bin Abi Thalib ini. Bukan apa-apa, ini semacam modal peneguhan untuk merekatkan silaturahmi dalam keragaman asal-usul: “DIA YANG BUKAN SAUDARAMU DALAM IMAN, ADALAH SAUDARA DALAM KEMANUSIAAN”.

Atau mungkin dalam istilah kawan-kawan dari kalangan Nahdliyin (NU) bisa disepadankan dengan “ukhuwah insaniyah” (persaudaraan dalam konteks kemanusiaan), yang ditempatkan berdampingan dengan “ukhuwah Islamiyah” dan “ukhuwah wathoniyah” (dalam konteks bernegara/kebangsaan).

Sikap welas asih itu tidak berbatas, tidak bersekat-sekat. Seperti juga dicontohkan langsung Sang Maha Rahim. Dia selalu membagi cahaya matahari kepada siapa saja, kepada setiap makhluk di bumi. Bahkan, kepada manusia yang sama sekali tidak percaya kepada-Nya!

Maka, suatu hari Imam Ali berjalan di salah satu gang di Kota Kufah, Irak. Ketika itu mata Imam Ali tertuju pada seorang lelaki yang sedang mengemis. Dia sedih melihat kejadian itu, lalu berkata pada orang-orang di tempat tersebut: “Apa yang tengah aku saksikan ini?”

Salah seorang warga berkata: “Ia seorang Kristen yang sudah tua hingga tidak mampu bekerja lagi. Ia juga tidak memiliki harta untuk menjamin keluarganya. Maka dengan mengemis itu dia memenuhi kebutuhan hidupnya”

Mendengar jawaban itu Imam Ali sedih dan berujar: “Ketika ia muda kalian pekerjakan dia, tapi setelah tua kalian tinggalkan?” Kemudian Imam Ali mengambil sejumlah uang dari baitul mal muslimin untuk mencukupi kehidupan lelaki tua tersebut. DIA YANG BUKAN SAUDARAMU DALAM IMAN, ADALAH SAUDARA DALAM KEMANUSIAAN”. 

Sekali lagi, welas asih itu tidak bersekat…..

Tetap SEMANGAT Tetap SHALAWAT

~♥~اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ~♥~

Diramu acak-adul dr Ust. Gogel..! xixixixi

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: