Home > Uncategorized > Tasbih

Tasbih

RAJAB Mubarak
Salah satu jenis zikir yang populer adalah tasbih. Saking populernya hingga semua zikir kadang disebut tasbih. Bahkan dlm bahasa Indonesia tasbih diartikan sebagai benda berupa butir batu atau kayu yang dirancang khusus untuk membaca zikir, yang dalam bahasa Arab disebut masbahah (alat bertasbih), seperti rosario dalam tradisi dan ritus Kristen. Tasbih adalah aktivitas ritual yang bertujuan mensucikan Allah SWT dari segala predikat keterbatasan dan kemakhlukan.

Dengan definisi umum ini, tasbih dapat dibagi dalam tiga tahap, yaitu 1) Tasbih rasional, yaitu pemahaman dan keyakinan dalam diri seseorang yang menafikan semua gambaran, bayangan dan predikasi yang tidak sesuai dengan wujud dan zatNya yang abadi, azali, wajib dsb. Ia merupakan tahap primer yang harus dilalui lebih dulu oleh setiap musabbih (pelaku tasbih); 2) Tasbih emosional, yaitu kemantapan hati untuk mentautkan diri dengan Allah sebagai satu-satunya Zat yang tidak samasekali menyandang kekurangan dan segala hal yang bersifat kemakhlukan; 3) Tasbih fisikal, yaitu aktivitas ragawi yang didasarkan pada tasbih rasional dan tasbih emosional dengan mensucikan Allah dari sifat-sifat kemakhlukan dan tidak menyandangkan sifat-sifat ketuhanan kepada makhluk melalui ibadah dan perbuatan baik serta sah.

Salah satu jenis yang utama tasbih fisikal adalah tasbih verbal, yaitu mengucapkan Subhanallah terutama seusai shalat dan setiap kali takjub dan memuji kebaikan dan keindahan. Ironisnya, sekarang tasbih lebih identik dengan assesoris mobil. Ia lebih dikenal sebagai jimat atau simbol kesalehan artifisial.

Ada banyak jenis tasbih verbal yang diajarkan dlm khazanah ibadah. Antara lain tasbih dalam shalat, yang menurut fikih Imamiyah wajib diucapkan dalam rakaat ketiga dan keempat sebagai bacaan alternatif bila tidak membaca alfatihah, yaitu Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar. Tasbih wajib pula diucapkan dlm rukuk dan sujud. Tasbih yang juga dianjurkan dibaca adalah tasbih Nabi Yunus, yaitu Lailaha illa anta subhanaka inni kuntu minazhzhalimin.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434H

Tetap SEMANGAT Tetap SHALAWAT

~♥~اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ~♥~

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: