Home > Uncategorized > Saya Belajar Kedermawanan Darimu, Ayah!

Saya Belajar Kedermawanan Darimu, Ayah!

Hercules C-130 HMalam itu adalah malam pernikahan Sayidah Fathimah az-Zahra. Rasulullah Saw membelikan pakaian untuk putrinya dan berkata, “Malam ini adalah malam pernikahanmu. Pakailah baju ini untuk menyenangkan Ali!”

Fathimah as mengambil baju itu dan mengucapkan terima kasih kepada ayahnya. Acara malam pernikahan itu belum selesai tapi sudah banyak tamu yang pulang, namun tiba-tiba datang seorang peminta-minta yang mengetuk rumah sambil berkata dengan suara tinggi, “Wahai putri Rasulullah! Semoga Allah memberkati pernikahanmu. Apakah engkau memiliki baju lama yang dapat diberikan kepadaku? Sebagai gantinya aku akan mendoakanmu.”

Pada waktu itu juga Fathimah as mengingat ayat al-Quran yang menyebutkan, “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.” (QS. Ali Imran: 92) Dengan segera beliau memberikan baju baru yang baru saja diberikan oleh ayahnya itu kepada peminta dan memakai baju lamanya.

Keesokan harinya ketika Rasulullah Saw mendatangi rumah putrinya dan melihat Fathimah as memakai baju lamanya. Oleh karenanya, Nabi berkata kepadanya, “Putriku! Akan lebih baik bila engkau memakai baju baru untuk suamimu.”

Sayidah Fathimah az-Zahra as menceritakan apa yang terjadi tadi malam dan berkata, “Saya belajar kedermawanan darimu, ayah! Waktu itu, ketika menikah dengan ibuku, Khadijah as, Anda memberikan semua apa yang dimiliki kepada orang miskin. Bahkan tidak cukup sampai di situ, ketika datang seorang peminta-minta mengetuk pintu rumah dan meminta baju, hanya ada baju di badan dan itupun Anda berikan kepadanya.”

Nabi Muhammad Saw begitu terkesima dengan cinta dan keikhlasan putrinya dan tak terasa air mata beliau telah tergenang di pelupuk matanya.

Sumber: Sad Pand va Hekayat; Sayidah Fathimah Zahra as.

(copas dr IRIB Indonesia)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: