Home > Uncategorized > Menggunakan Harta Semasa Hidup

Menggunakan Harta Semasa Hidup

endofcapitalismImam Husein as berkata: “Hartamu, bila telah ditakdirkan menjadi milikmu, maka engkau akan menginfakkannya. Oleh karenanya, harta yang engkau tinggalkan setelahmu itu akan menjadi simpanan untuk orang lain, sementara mereka menginginkannya darimu dan mengambilnya dari simpanan akhiratmu. Ketahuilah, engkau tidak akan menyertai hartamu dan ia tidak pernah loyal kepadamu. Untuk itu, manfaatkan hartamu dan makanlah sebelum ia memakanmu!” (Bihar al-Anwar, jilid 71, hal 357)

Sebagian manusia di masa hidupnya menggunakan hartanya untuk membantu masyarakat dan melakukan pekerjaan baik. Orang-orang seperti ini ketika menghadap Allah Swt dengan mudah dan ringan. Karena sejak di dunia ini mereka telah mengirim bekal untuk akhiratnya dan dengan mudah melewati perhitungan di Hari Kiamat.

Sebaliknya, ada sebagian orang yang tidak dapat melepaskan dirinya dari kebergantungan terhadap hartanya. Bukan saja mereka tidak yakin bahwa setelah meninggalkan dunia harta yang diinfakkan di jalan Allah yang akan menyelamatkannya, tapi juga harus menjawab segala pertanyaan tentang penggunaan hartanya di Hari Kiamat.

Dengan demikian, bila seseorang adalah orang baik dan suka melakukan pekerjaan-pekerjaan baik dan menginginkan hartanya digunakan di jalan kebaikan sepeninggalnya, maka ia harus berusaha untuk melakukannya selama hidupnya atau mempersiapkannya sejak awal. Karena ia tidak dapat berharap banyak kepada para pewarisnya. (IRIB Indonesia)

Sumber: Pandha-ye Emam Hossein.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: