Home > Uncategorized > Hak Muadzin

Hak Muadzin

Nunggu saingan Jet Li - BALAK 6Dalam Risalatul Huquq Imam Sajjad sa. menyebutkan adanya sejumlah hak bagi muazin. Beliau berkata, “Hak muazin atas dirimu adalah hendaknya kau menyadari bahwa dialah yang mengingatkanmu akan Tuhanmu. Dialah yang menyerumu kepada kebaikanmu. Dia adalah sebaik-baik yang memberi pertolongan kepadamu dalam menjalankan kewajiban yang telah Allah pikulkan atas dirimu.
Maka berterimakasihlah kepadanya sebagaimana kau berterima kasih kepada orang yang berbuat baik kepadamu di hadapan Allah. Engkau harus menyadari pula bahwa dia adalah anugerah dan nikmat dari Allah yang harus kau perlakukan dengan baik dan dalam segala keadaan syukurilah nikmat Allah.

Nilai-nilai agung yang ada dalam azan menunjukkan bahwa Allah pasti akan memberi pahala yang besar disisi-Nya kepada orang yang mengumandangkan syiar tauhid dan penghambaan ini. Imam Sajjad as menyebut orang memanfaatkan suara indahnya untuk mengumandangkan azan sebagai nikmat dari Allah.

Imam Jafar Shadiq sa. dalam sebuah hadis juga menjelaskan fadhilah muazin dan kedudukan maknawiyahnya di sisi Allah. Beliau berkata, “Selama suaranya masih mengumandang Allah mengampuni dosa muazin sejauh matanya memandang…Allah juga akan memberikan pahala dan kebaikan kepada siapa saja yang memerhatikan azan itu dan melaksanakan shalat setelah mendengarnya.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: