Home > Uncategorized > Memaksa Tuhan dalam Berdoa

Memaksa Tuhan dalam Berdoa

Ayatullah Muhammad Ali Javedan dalam sebuah pelajaran akhlak di bulan Ramadhan, membahas tentang mendesak dalam berdoa. Apakah kita harus mendesak ketika meminta Allah Swt untuk mengabulkan hajat kita atau tidak?

Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa ketika seseorang telah mengungkapkan hajatnya saja sudah cukup dan menyerahkan selanjutnya kepada Allah Swt karena apa yang ditetapkan oleh Allah maka itulah yang telah ditakdirkan. Sebagian orang berpendapat bahwa tidak perlu untuk mendesak dalam berdoa, karena Allah Swt Maha Pemurah dan Penyayang dan apa yang ditetapkan maka itulah yang terbaik. Mengapa kita harus memaksakan hajat dan bernazar. Dengan kata lain ini tidak sopan dan keliru.  Akan tetapi justru pandangan seperti ini yang keliru.

Sirah para Imam Maksum sa dan bahkan dalam hadis-hadis mereka tidak seperti itu.

Imam Baqir sa mengatakan:

«وَ اللَّهِ لَا یُلِحُّ عَبْدٌ مُؤْمِنٌ عَلَى اللَّهِ عَزَّ وَ جَلَّ فِی حَاجَتِهِ إِلَّا قَضَاهَا لَهُ»

Demi Allah seorang mukmin tidak akan mendesak hajatnya kepada Allah Swt, kecuali Allah Swt telah mengabulkan permintaannya.

Riwayat ini menunjukkan bahwa mendesak hajat kepada Allah Swt bukan hanya baik, melainkan terpuji. Dan Allah Swt telah menjanjikan pengabulan hajat tersebut.

Imam Shadiq sa juga berkata:

«اِنَّ اللَّهَ عَزَّوَجَلَّ کَرِهَ إِلْحَاحَ النَّاسِ بَعْضِهِمْ عَلَى بَعْضٍ فِی الْمَسْأَلَةِ وَأَحَبَّ ذَلِکَ لِنَفْسِهِ إِنَّ اللَّهَ عَزَّوَجَلَّ یُحِبُّ أَنْ یُسْأَلَ وَ یُطْلَبَ مَا عِنْدَهُ»

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang saling memaksa (mendesak) akan tetapi Allah menyukai hamba yang mendesak dan memaksa permintaan kepada-Nya.

Imam Shadiq sa menukil hadis dari Rasulullah dan berkata:

«رَحِمَ اللَّهُ عَبْداً طَلَبَ مِنَ اللَّهِ عَزَّوَجَلَّ حَاجَةً فَأَلَحَّ فِی الدُّعَاءِ اسْتُجِیبَ لَهُ أَوْ لَمْ یُسْتَجَبْ لَه»

Allah merahmati hamba yang meminta hajatnya dari Allah Swt dan memaksa dalam berdoa, (baik) dikabulkan atau tidak.(IRIB Indonesia/MZ)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: