Home > Uncategorized > Jangan Jadikan Diri Terhina

Jangan Jadikan Diri Terhina

رُوِیَ عَنِ الصَّادقِ علیه السّلام قال:

 لَا يَنْبَغِي لِلْمُؤْمِنِ أَنْ يُذِلَّ نَفْسَهُ قِيلَ لَهُ وَ كَيْفَ يُذِلُّ نَفْسَهُ قَالَ يَتَعَرَّضُ لِمَا لَا يُطِيقُ.[1]

Diriwayatkan Imam Jakfar Shadiq as berkata: “Seharusnya seorang mukmin tidak membuat dirinya hina. Kemudian Imam ditanya, bagaimana seorang mukmin menghinakan dirinya? Imam menjawab, melakukan suatu pekerjaan yang tidak mampu dilakukannya.”

Ayatullah Mojtaba Tehrani menjelaskan hadis itu dan mengatakan, “Melakukan sesuatu yang tidak mampu dikerjakan akan membuat seorang mukmin terhina. Ini adalah termasuk di antara urusan yang banyak dilakukan oleh manusia dalam perjalanan hidupnya.
Dengan ungkapan yang lebih sederhana, seorang manusia harus memakan sesuap sebesar mulutnya saja, karena ketika suapan itu lebih besar maka mulutnya akan sobek atau dapat menyumbat pernapasan.”

“Manusia ketika melakukan suatu pekerjaan yang diluar kemampuannya dan kemudian justru merusak pekerjaan tersebut, dan akhirnya namanya menjadi jelek di mata masyarakat. Biasanya kedua hal itu muncul dari dua hal, pertama ketamakan dan kerakusan. Orang yang dalam bekerja, mencari suapan yang lebih besar dari mulutnya, justru semakin merusak dan akhirnya nama baiknya tercemar. Biasanya orang-orang seperti itu adalah orang yang tamak atau rakus.”

Dalam riwayat lain disebutkan, Zaid bin Souhan, seorang sahabat Imam Ali as bertanya kepada beliau:

  «فَأَيُّ ذُلٍّ أَذَلُّ؟ قَالَ: الْحِرْصُ عَلَى الدُّنْيَا».[2]

“Kehinaan yang mana? Imam menjawab, ketamakan terhadap dunia.”

“Ketamakan inilah yang membuat manusia melakukan hal-hal yang diluar kemampuannya dan ketika itulah perbuatannya justru mengacaukan pekerjaannya dan ketika itulah dia akan malu dan terhina di hadapan masyarakat. (IRIB Indonesia/MZ)

[1] . الکافی، جلد5، صفحه 64.

[2] . من‏ لايحضره ‏الفقيه،جلد4، صفحه 381.

Powered by Ama Salman

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: