Home > Uncategorized > Bagaimana Cara Mencintai Harta Kita?

Bagaimana Cara Mencintai Harta Kita?

Diriwayatkan bahwa ada seorang lelaki shaleh yang banyak melakukan ibadah dan telah melenyapkan perasaan cinta harta dalam hatinya. Lelaki ini bekerja pada raja. Pada suatu hari, sang raja mendengar (kesalehan) lelaki ini yang membuat sang raja terkejut karena ia bekerja dan beribadah dengan ikhlas, serta ia pernah memegang sejumlah uang sekitar empat ratus ribu dinar, tetapi semuanya ia nafkahkan di jalan Allah Swt.

Oleh karena itu, pada suatu hari sang raja memanggilnya untuk mendengar secara langsung sebab ia melakukan itu. Ketika lelaki itu telah datang, sang raja berkata kepadanya, “Hai Fulan, manusia itu hendaknya merasa beruntung memiliki harta dan mencintainya adalah suatu hal yang wajar karena hidup itu tidak bisa bahagia kecuali dengan memiliki harta. Oleh karena itu, harta disebut sebagai faktor pendukung kesenangan dan kemapanan. Sementara aku mendengar bahwa engkau tidak menyukai harta.”

Lelaki itu menjawab, “Wahai raja, sebaliknya, aku sangat mencintai harta dan demi Allah, aku sangat getol mencintai harta melebihi kecintaanku pada apa pun. Aku tidak pernah menemukan ada seorang pun dari rakyatmu dan teman-teman seprofesi denganku yang lebih getol mencintai harta daripada diriku. Semua sedekah yang aku lakukan adalah karena aku ingin mengambil seluruh hartaku dan aku tidak ingin ada yang tersisa sedikit pun. Oleh karena itu, aku getol untuk memindahkannya dari masa ketika aku sedang dalam kelapangan menuju tempat tinggalku yang kekal abadi. Sekarang, apakah engkau tahu seberapa dalam kecintaanku terhadap harta?” (IRIB)

Salam BAHAGIA

 

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

