Home > Uncategorized > Zakat for Everything

Zakat for Everything

Rasulullah saw., bersabda; “Setiap ANGGOTA BADAN KITA memiliki ZAKAT yang wajib dikeluarkan karena Allah, bahkan setiap helai rambut kita dan setiap pandangan kita juga ada zakatnya.

-ZAKAT MATA adalah melihat sesuatu dengan TUJUAN mengambil pelajaran darinya dan MENUNDUKKAN pandangan dari sesuatu yang memicu syahwat dan yang serupanya.

-ZAKAT TELINGA adalah mendengarkan ILMU,HIKMAH, AL-QUR’AN, NASEHAT-NASEHAT AGAMA dan segala sesuatu yang bisa menyelamatkan kita serta menghindarkan diri dari mendengar sesuatu yang sebaliknya,seperti KEBOHONGAN, GIBAH dan semacamnya.

-ZAKAT LISAN adalah MEMBERIKAN NASEHAT kepada kaum muslimin, menyadarkan orang-orang yang lalai dan memperbanyak tasbih, zikir dan selainnya.

-ZAKAT TANGAN adalah MENYUMBANG, memberi dan mendermakan apa yang dikaruniakan Allah pada kita, menggerakkan tangan untuk menulis ilmu dan pengetahuan yangg bisa DIMANFAATKAN kaum muslimin dalam mewujudkan kepatuhan kepada Allah SWT dan menahan tangan dari melakukan kejahatan.

-ZAKAT KAKI adalah berusaha memenuhi hak-hak Allah dengan mengunjungi orang-orang saleh, tempat-tempat pengajian, mendamaikan orang-orang, menghubungkan silaturrahim, berjihad dan mengusahakan sesuatu yang bisa mendatangkan kedamaian hati kita dan keselamatan agama kita.” (Mishbah Al-Syari’ah wa Miftah Al-Haqiqah).

LEBARAN Bahagia 1432H

1 September 2011

Ama Salman al-Banjari (Sy Dharma)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: