Home > Uncategorized > Menuntut Allah SWT

Menuntut Allah SWT

Ketika itu, Rasulullah SAWW sedang bertawaf di sisi Ka’bah. Tiba-tiba dia melihat seorang Arab (badui) yang sedang bertawaf juga dan mengelilingi Ka’bah sambil berkata dengan ucapan : “ YA KARIIM… ” (Wahai Yang Mahamulia).

Mendengar ucapan si orang tadi, Rasulullah SAWW langsung berkata dibelakangnya, dan mengikutinya dengan ucapan yang sama yaitu “ YA KARIIM… ” (Wahai Yang Mahamulia).

Kemudian si orang Arab tadi melanjutkan langkahnya dan beranjak kearah sudut Ka’bah lainnya (sudut Rukun Yamany). Sesampainya di sudut itu, orang tadi berkata “ YA KARIIM… ” (Wahai Yang Mahamulia). Mendengar ucapan orang itu, Rasulullah langsung berkata dengan ucapan yang sama dibelakangnya “ YA KARIIM… ” (Wahai Yang Mahamulia).

Lalu, orang tadi berjalan menuju sudut lainnya yaitu kearah dimana Hajar Aswad berada dan dia berkata dengan perkataan yang sama yaitu “ YA KARIIM… ” (Wahai Yang Mahamulia). Dan disaat itu pula Rasulullah SAWW langsung berkata dengan ucapan yang dituturkan orang tadi yaitu “ YA KARIIM… ” (Wahai Yang Mahamulia).

Setelah tiga kali orang tersebut merasa di ikuti ucapan dan doanya oleh orang asing yang berada tidak jauh dibelakangnya, maka orang itu langsung menoleh kearahnya dan berkata:

Badui : “ Hey..!!! Kamu, sepertinya kamu ini mulai tadi mengolok-olokan aku, Demi Allah..!! kalau bukan karena ke indahan (sinar) wajahmu (ketampananmu) dan kalau bukan karena posturmu yang penuh wibawa, niscaya kamu akan aku adukan (cara-caramu) ini pada kekasihku Nabi Muhammad Rasulullah SAW ”

Mendengar ucapannya Rasulullah berkata padanya:

Rasulullah : ” Apakah engkau ‘kenal’ pada Nabimu (Nabi Muhammad) secara pribadi? ”

Badui : ” Demi Allah…!!! Aku telah beriman kepadanya sebagai Nabiku, padahal aku tidak pernah melihatnya, aku datang kekota Mekkah ini dan akupun tak pernah menemuinya. ”

Maka Rasulullah menjawab: ” Aku adalah Muhammad Rasulullah, aku adalah Nabimu ”

Mendengar ucapan Rasulullah yang menggetarkan jiwanya itu, si orang itu langsung melompat merunduk seraya menciumi tangan Rasulallah SAWW seraya berkata:

Badui : ” Aku rela berkorban apa saja untukmu wahai Rasulullah !!!! ”

Menyaksikan kejadian tadi yang cukup mengharukan itu, tiba-tiba Malaikat Jibrail as datang dan membawa pesan dari Allah untuk Rasulullah SAW seraya berkata:

Malaikat Jibril :” Wahai kekasih Allah, Allah menyampaikan salam untuk mu, dan sampaikanlah pesan Allah pada orang yang didepanmu itu, bahwa ketika dia mengucapkan kata-kata “ YA KARIIM ”, akankah dia beranggapan bahwa amal-amalnya itu tidak dituntut kelak oleh Allah dan juga tidak akan perhitungkan? ”

Mendengar ucapan yang disampaikan Rasulullah, si orang tadi langsung berkata pada Rasulullah:

Badui : ” Demi Allah wahai Rosulullah, wahai cahaya kedua mataku, wahai kakek dari Alhasan dan Alhusein a.s, kalau sekiranya Allah akan menuntutku, maka aku akan menuntut-Nya pula..!!! ”

Mendengar ucapan si orang tadi, Rosulullah langsung bertanya padanya:

Rosulullah : ” Bagaimana mungkin engkau akan menuntut Tuhan kamu sendiri? ”

Badui : ” Kalau sekiranya Allah menuntutku atas segala perbuatan maksiat dan dosaku, niscaya aku akan menuntut “‘ampunan-Nya” dalam peleburan dosa-dosaku. Dan jika sekiranya Allah menuntutku atas keteledoran dan kekuranganku dalam beramal, niscaya aku akan menuntut ‘Kemuliaan dan Kedermawanan-Nya’ (AL-KARIIM) agar menutupi dan memaafkan semua itu.”

Mendengar ucapan si orang tadi, Jibrill as segera turun dan datang lagi untuk menyampaikan pesan yang dibawa langsung dari Allah untuk Rasulullah seraya berkata:

Malaikat Jibriil : ” Wahai kekasih Allah, wahai Rasulullah…..Allah berkata padamu dan sampaikan pada orang itu, agar dia tidak menuntut-KU dan AKUpun tidak akan menuntut dia. ”

SHALAWATTT….! Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad wa ‘ajjil faraja al Mahdi ibni Muhammad

Salam Ramadhan 1432H

Powered by Amasufi

Categories: Uncategorized
  1. umam
    11 August 2011 at 3:33 pm

    hikmah yg blm pernh q ktahui..

  2. 19 August 2011 at 7:23 pm

    begitu lugunya orang badui itu🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: