Home > Uncategorized > Jalan Penghambaan [Nasihat Sufi Thabathaba’i]

Jalan Penghambaan [Nasihat Sufi Thabathaba’i]

Allamah Thabathabai dalam sebuah surat irfani kepada seorang pemuda menasehatkan seperti ini:

Jalan bagi kita dalam segala kondisi dan segala syarat serta dalam batas kemestian, adalah jalan penghambaan. Dengan kata lain jalan makrifat kepada Tuhan. Dan jalan tersebut sesuai dengan yang tertera dalam Kitab (al-Qur’an) serta sunnah (Rasulullah Saaw) tidak lain adalah mengingat Tuhan dan menjalankan taklif-taklif amali (tugas dan tanggung jawab yang diperintahkan serta dilarang Tuhan). Hal tersebut tidak lain adalah muraqabah dan muhasabah….

Setiap subuh saat kamu bangun dari tidur, ambillah keputusan bahwa kamu tidak akan melupakan dan melalaikan Tuhan. Dengan demikian (disepanjang hari) kamu dalam bentuk kontinyu dan berkesinambungan mempersepsi bahwasanya dirimu senantiasa dalam kekuasaan Tuhan, dan ketika menjelang tidur lakukanlah perhitungan terhadap pekerjaan-pekerjaan yang telah kamu lakukan siang harinya.

Jika telah terjadi kelupaan dan kelalaian (mengingat Tuhan) maka istigfarlah serta celalah dirimu, dan jika tidak terjadi hal demikian maka bersyukurlah kepada-Nya dan Pujilah Dia.

Di samping itu untuk menguatkan dzikir maka hingga 40 hari, setiap hari di waktu subuh, dengan penuh perhatian serta konsentrasi sempurna ucapkanlah seribu kali kalimat tayyibah “Laa ilaha illallah”. Kondisi seorang hamba yang diperolehnya dari jalan ini akan menjadi teladan serta tolok ukur bagi seluruh kondisi kehidupan.

(Dikutip dari kitab Nuskheh hay-e syafa Bakhsy, hal. 28-29)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: