Home > Uncategorized > Hakikat Dunia

Hakikat Dunia

Rasulullah SAW berkata kepada Sayyidah Fatimah ~salam baginya~, “Putriku! :Ayahmu dan suamimu bukanlah orang yang miskin. Allah SWT telah memberikan kepadaku semua tanah yang mengandung emas dan perak, tetapi aku memilih sesuatu yang abadi disisi Allah SWT. Putriku! Aku berkata seperti ini supaya kamu tahu bahwa ayahmu mengetahui hakekat dunia. Ketahuilah bahwa kamu juga akan berpaling dari dunia”.

Imam Ali bin Abi Thalib sa. berkata, “Akhirat berjalan maju, dunia berjalan mundur. Jadilah generasi akhirat, bukan budak-budak dunia. Sebab hari ini adalah masanya beramal bukan perhitungan, besok masanya perhitungan bukan beramal.”

Al-Imam, Amirulmuqminin Ali bin abi Thalib berkata; “Dunia ini tidak lebih hanya batas terakhir penglihatan orang buta, dia tidak akan melihat sesuatu dibaliknya. Sedangkan orang yang bashir(melihat dgn mata bathin) dapat melihat serta mengetahui sesuatu yang ada dibalik dunia ini. Dia (bashir) akan memalingkan pandangannya dari dunia, sedangkan si buta akan membidikan pandangannya ke arah dunia. Orang yang bashir akan berbekal dari dunia.” ~ Quthril ‘ilim

Imam Musa al-Kadzim berkata: “Dunia ini berkulit halus dan cantik, ibarat seekor ular namun menyimpan racun pembunuh di dalamnya”.

Jadikan Dunia seperti Harta dalam Mimpi
Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: Jadikan dunia di hadapanmu seperti tempat persinggahan yang kemudian pasti kau tinggalkan. Atau seperti harta yang kamu dapatkan dalam mimpi lalu bahagia, tapi setelah kamu bangun dari tidurmu, kamu tidak mendapatkan sesuatupun. (Tuhaful ‘Uqul: 287)

Al-Imam Musa Kazhim (sa) berkata : “Barang siapa yang mencintai dunia, rasa takut kepada akhirat akan sirna dari hatinya. Barang siapa yang ilmunya bertambah kemudian kecintaannya kepada dunia juga bertambah, maka ia akan bertambah jauh dari Allah dan kemurkaan-Nya kepadanya akan bertambah”.

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata; “Alangkah mungkin orang yang tamak kepada dunia akan mendapatkannya di dunia. Akan tetapi, ketika ia mendapatkan seluruhnya, dunia itu akan menjadi bala` baginya dan ia menjadi sengsara karenanya. Dan alangkah mungkin seorang membenci urusan akhirat. Akan tetapi, ia dapat menggapainya kemudian dan ia hidup bahagia karenanya”.

Imam Husein (as) bersabda,  “Sesungguhnya alam kubur adalah salah satu telaga dari telaga-telaga surga, atau salah satu jurang dari jurang-jurang neraka”

‎”Surga hanya bisa didapatkan dengan amal dan bukan dengan angan-angan”

“Berterima kasihlah kepada orang yang membantu membawakan ‘bekalmu’ (harta bendamu) selama di dunia ini.., karena itu berarti dia telah membantu membawakan “bebanmu “.., untuk nanti dikembalikan lagi ketika engkau sampai di tujuanmu…, yaitu akhirat.” (Ama~sufi kampoeng)

Bandoeng, July@2011

Salam B.A.H.A.G.I.A.

Tetap SEMANGAT Tetap SHALAWAT…!

♥ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ وعَجِّلْ فَرَجَهُمْ ♥

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: