Home > Uncategorized > Tuhan tidak ‘Butuh Dikenal’

Tuhan tidak ‘Butuh Dikenal’

Prambanan
Tentunya Tuhan itu tidak butuh keterkenalan, sebab Dia Maha Kaya dan selain-Nya adalah kefakiran itu sendiri (Yaa ayyuhannas antumul fuqaraa ilallah wallahu huwalganyyul hamiid, Wahai manusia kamu adalah faqir kepada Tuhan dan Dia adalah Maha Kaya lagi Maha Terpuji). Karena itu Tuhan tidak memakai kata butuh dikenal tapi memakai kata “fa ahbabtu an u’raf fa khalqtul khalq“, aku mencintai (menyukai) untuk dikenal maka aku menciptakan makhluk.

Tentunya kalam Tuhan di sini bukan kalam lafzhi tapi ia adalah kalam takwini. Yakni Tuhan pada tataran kanzan makhfiyyan (gaibul guyub) sama sekali tak terkenali, sebab di situ tidak ada nama dan tidak ada alamat yang bisa terkenali. Tapi Tuhan berdeterminasi sampai pada tingkatan terdapat nama-nama yang akan mengalirkan mazhar-mazhar-Nya. Salah satu asma Tuhan adalah Juud yang akan memberi segala sesuatu yang berpotensi menerima pemberian-Nya, termasuk dalam hal ini adalah potensi mendapatkan eksistensi (mumkinul wujud) tanpa menahan sedikitpun pemberian tersebut. Selanjutnya asma khaliq yang mengalirkan faidhnya dalam btk2 mazhar-mazhar ciptaan, krn itu terbentanglah alam makhluk dari alam non materi hingga alam materi ini.

Oleh karena itu alam maujud ini berasaskan kecintaan keberadaannya. Tuhan mencintai zat suci-Nya maka Dia berdeterminasi…berdeterminasi sampai asma-asma-Nya siap mengalirkan mazhar-mazharnya. Sebab itu, semua maujud-maujud beserta fenomena-fenomenanya merupakan mazhar-mazhar dari asma-asma-Nya, karena itu kita jangan bermaksiat dalam mazhar-mazhar ini, karena semuanya terbangun berasaskan kecintaan Tuhan akan zat suci-Nya. Kemana tempat lari dan bepergian?

Mari kita katakan: “aku bepergian kepada Tuhan dan aku berhijrah kepada-Nya.

Salam Bahagia ..kawan..! @2011,  June 20th

(Med Milad Mubarak anakku Naqi)

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: