Home > Uncategorized > Mencintai “Dia” di Balik Hijab

Mencintai “Dia” di Balik Hijab

Muhyiddin Ibn ‘Arabi qs berkata, “Tak seorang manusia pun yang mencintai selain Tuhannya. Apa pun atau siapa pun yang dicintai manusia adalah manifestasi Tuhan. Apa pun atau siapa pun yang dilihat oleh sang pencinta, pada hakikatnya adalah Tuhan.

Seluruh maujud di alam semesta ini mencintai dan dicintai dan… cinta mereka semuanya merujuk kepada Dia, yang (pada hakikatnya) tiada sesuatu pun melainkan menyembah Dia. Tetapi bagi sementara orang, Allah SwT tersembunyi di balik nama-nama : Zainab, Kultsum, Jamilah dan seterusnya. Misalnya, Majnun mengira dirinya mencintai Laila. Ia tidak mengetahui dan menyadari apa yang sesungguhnya terpendam dalam fithrahnya.

Untuk itu Muhyiddin Ibn ‘Arabi berkata, “Para nabi tidak datang untuk mengajarkan pada kita supaya menyembah dan mencintai Allah SwT (karena menyembah Allah sudah merupakan fithrah setiap manusia) akan tetapi mereka datang untuk menunjukkan jalan yang lurus dari jalan-jalan yang sesat”.

Mereka diutus Allah untuk mengatakan : “Wahai manusia! Kalian ini adalah maujud yang mencari dan mencintai kesempurnan mutlak tetapi kalian salah jalan. Kalian mengira uang dan harta itu adalah kesempurnaan yang mutlak.

Kalian menyangka wanita adalah kesempurnaan yang mutlak. Kalian menduga kedudukkan dan tahta adalah kesempurnaan mutlak. Memang benar, kalian tidak menginginkan apa pun kecuali kesempurnaan mutlak. Akan tetapi itu semua bukan kesempurnaan mutlak! Dan sayangnya kalian tersesat di dalam menentukan apa dan di mana kesempurnaan mutlak itu?!”

Proudly Powered by Ama Salman al-Banjari

Categories: Uncategorized
  1. 3 March 2011 at 7:15 pm

    MENCINTAI DI BALIK HIJAB

  2. 3 March 2011 at 7:19 pm

    “Kisah cinta yang paling agung adalah kecintaan cinta terhadap dirinya sendiri.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: