Home > Uncategorized > “Kuda” yang Menuju ke Surga atau Neraka

“Kuda” yang Menuju ke Surga atau Neraka

Diriwayatkan bahwa Zaid bin Shauhan bertanya kepada Amiril Mukminin Ali ~salam baginya, “Ya Amiral Mukminin, gerangan penguasa manakah yang paling digdaya?

Imam Ali as menjawab, “Hawa nafsu.”

Dengan ungkapan yang luar biasa indah, Alquran bercerita tentang istri Al-Aziz (raja Mesir) dan menunjukkan betapa kuatnya peranan hawa nafsu dalam kehidupan manusia.

Allab berfirman dalam surah Yusuf, “… karena sesungguhnya hawa nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh TuhanKu”. (QS.Yusuf 53.)

Amiril Mukminin Ali berkata: “Dosa-dosa (syahwat) tak ubahnya kuda liar (asy-syumus) yang terlepas kendalinya, ia akan dengan kencang melarikan pengendaranya ke neraka. Ketahuilah, sesungguhnya taqwa ialah kendaraan yang patuh. Pengendaranya dengan santai dapat memegang kendali dan ia akan membawanya masuk ke surga.”

Asy-Syumus (kalimat yang dipakai Imam Ali) adalah bentuk jamak dari Syamus yang berarti kuda yang tidak mau dinaiki punggungnya dan dikendalikan tali kekangnya. Dengan kata lain, pengendara tidak bisa memegang dan memamkan tali kekang kudanya sama sekali. Kuda seperti itu akan membawa pemiliknya ke mana saja tanpa menentu.

Demikianlah halnya hawa nafsu dan syahwat yang membawa pelakunya sehingga ia tidak bisa menguasainya dan tidak mampu mengarahkannya. Sebaliknya taqwa. la selalu membantu manusia menguasai hawa nafsu, membimbing dan mengarahkan jiwa menuju surga.

Imam Ali as berkata: “Allah menganugerahkan akal yang tak berunsur syahwat kepada malaikat, syahwat tanpa unsur akal pada binatang, dan keduanya (akal dan syahwat) kepada anak cucu Adam. Karenanya, siapa yang akalnya bisa mengalahkan syahwatnya, maka dia lebih baik daripada malaikat dan siapa yang syahwatnya mengalahkan akalnya, maka dia lebih buruk daripada binatang.”

Categories: Uncategorized
  1. maya
    28 February 2011 at 1:47 pm

    asslm, pa ^^
    ini dengan maya, yg dari pelatihan stmj kemarin
    senang baca tulisan bapa =)

    • kampoengsufi
      2 March 2011 at 1:53 am

      Trims,… mau berkenan mampir di ‘kampoengs’ saya
      Salam

  2. soehawk
    14 October 2011 at 2:17 am

    Assalamu’alaikum…. .

    entah angin apa yang membawaku kemari……

    saya suka dan termotivasi dgn artikel2 kampung sufi ini….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: