Home > Uncategorized > Memohon Ampun karena Ucapan Alhamdulillah

Memohon Ampun karena Ucapan Alhamdulillah

Sirri al-Saqathi, yang dikenal sebagai seorang sufi pernah berkata, “Sudah tiga puluh tahun aku memohon ampun kepada Allah hanya karena ucapan alhamdulillah yang keluar dari mulutku”

Tentu saja orang-orang menjadi bingung dan bertanya kepadanya, “Bagaimana itu bisa terjadi?”

Sirri Saqathi berkata, “Saat itu aku memiliki toko di Baghdad dan suatu hari aku mendengar berita bahwa pasar Baghdad hangus dilalap api, padahal tokoku juga berada di pasar tersebut.

Aku segera bergegas pergi ke sana untuk memastikan apakah tokoku juga terbakar?

Seseorang memberitahu kepadaku, “Api tidak sampai menjalar ke tokomu”

Aku pun mengucapkan, “Alhamdulillah!”

Namun setelah itu terpikir olehku, “Apakah hanya engkau saja yang berada di dunia ini? Walaupun tokomu tidak terbakar, bukankah toko-toko lainnya terbakar. Ucapan alhamdulilah mu itu berarti bahwa engkau bersyukur api tidak membakar tokomu dan sekaligus engkau rela toko orang lain terbakar asalkan tokomu tidak terbakar!”

Aku berkata pada diriku lagi, “Tidak adakah barang sedikit rasa sedih atas musibah yang menimpa kaum muslimin di hatimu, wahai Sirri?” (Di sini Sirri al-Saqathi mensinyalir hadits Nabi, “Barangsiapa melewatkan waktu paginya tanpa memperhatikan urusan kaum muslimin, maka tidaklah ia termasuk dari mereka (kaum muslimin)”).

“Sudah 30 tahun aku memohon ampun atas ucapan alhamdulillah ku itu.” Kata Sirrial-Saqathi.

Wallahu a’lam bishawab… SHALAWAT..!

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad

Salam BAHAGIA from Ama Salman

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

