Home > Uncategorized > “Smart Woman”?

“Smart Woman”?

InnekeAda beberapa stereotype umum yang disepakati perihal “siapakah” wanita modern itu? Dan biasanya, ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

• Tak lelah berusaha mengaktualisasikan diri.

• Ingin sejajar bahkan lebih dari kaum pria. Ia ingin terkesan ‘powerful’, dan bukan ‘housewife’. 

• Pantang dibilang konservatif, dan selalu ingin berubah sesuai perkembangan zaman.

• Ingin selalu tampil beda.

• Aktif dalam kegiatan-kegiatan, bahkan sering “turun ke lapangan” karena keingintahuannya yang kuat.

• Selalu menggunakan perangkat, atau gadget yang high-tech dan up to date.

Singkatnya, penampilan dan gaya mereka layaknya para model majalah yang umumnya beredar di negeri ini; baik majalah mode, bisnis ataupun teknologi.

Disamping itu, beberapa ciri khas wanita modern lainnya adalah kesan-kesan seperti:

* Smart, proaktif dan profesional dalam bekerja.
* Pintar bahasa Inggris dan lincah olah bahasa tubuh.
* Trendy, stylish, cool, cantik, langsing, dan bugar dalam penampilannya sehari-hari.
* Rajin ke pusat kebugaran (gym), minimal seminggu tiga kali. Lalu sebulan sekali, biasanya mengunjungi ‘art event’, seperti pameran lukisan, nonton teater atau bioskop.
* Pergi berlibur ke tempat-tempat eksotik yang sering dikunjungi oleh para selebritis lokal maupun internasional. Biasanya lokasi-lokasi eksotik ini direkomendasikan oleh majalah-majalah papan atas seperti “life style”, “fashion” atau lainnya.

Walhasil, penampilan atau image adalah hal terpenting bagi mereka di dalam kehidupan, dan hal ini mereka lakukan dari pagi sehingga malam hari.

Akhirnya, akibat adanya tuntutan untuk selalu beradaptasi—baik dalam tingkah laku maupun penampilan—yang disesuaikan dengan zamannya masing-masing, maka para wanita modern malah kehilangan jatidiri mereka yang sebenarnya.

Dalam berbagai keadaan, mereka sering berpura-pura untuk tetap tampil sebagai wanita yang kosmopolitan. Hingga suatu titik, dimana hal itu malah semakin membuat mereka tertekan, kesepian dan stress. Titik balik dari fenomena ini bisa dilihat dari menjamurnya berbagai tempat untuk bermeditasi, seperti yoga dan lain sebagainya. Mereka juga mencoba untuk mencari ketenangan dengan menghadiri seminar-seminar yang menawarkan program untuk “mencari jati diri”, yang secara keseluruhan, menuju kepada pendidikan rohani. Namun ada juga yang pergi ke tempat-tempat kebugaran seperti spa yang menawarkan program “pencerahan” agar seperti baru terlahir .

Sungguh ironis bukan! Di satu sisi, mereka ingin tampil sebagai wanita yang “all out”. Yakni ingin menunjukan kepiawaian mereka di publik dan sanggup menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi saat ini. Namun di sisi lain, mereka justru merasa kesepian saat berada di puncak kemandiriannya. Bahkan terkadang, mereka tak sanggup lagi menyembunyikan hal itu sehingga bila menghadiri seminar atau majelis taklim tertentu, mereka seolah-olah baru saja menemukan kembali jati diri mereka yang hilang.

Beruntunglah para wanita yang dapat merasakan perbedaan itu, sehingga tanpa letih, mereka berupaya untuk menemukan kembali jati diri mereka yang hilang, yakni dengan cara mendalami sisi spiritual pada diri mereka sendiri.

Apabila seseorang sudah memahami tahap-tahap kesadaran jiwa, maka biasanya, mereka selalu ingin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Saat itu dia akan menyadari bahwa dirinya bukanlah “Mrs. BB”, “Mrs. FB”, Mrs. Google” atau “Mrs. Yahoo”, karena dia sadar bahwa seluruh gerak-gerik kehidupannya bergantung kepada Kemurahan dan Kasih Sayang Tuhan. Dia juga meyakini bahwa segala hal yang telah dicapainya saat itu adalah yang terbaik.

Muhsin Labib Notes @2009 by Ama

Categories: Uncategorized
  1. 3 July 2014 at 10:17 pm

    Spot on with this write-up, I truly believe this amazing site needs a lot more attention. I’ll probably be returning to see more, thanks for the advice!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: