Home > Uncategorized > Pilihlah Bahagia!

Pilihlah Bahagia!

Nemo 2Suatu hari di tengah samudera, seekor ikan muda menghampiri seekor ikan yang lebih tua dan bertanya, “Wahai temanku, usiamu lebih tua dari aku, karena itu aku hendak minta tolong kepadamu. Bisakah engkau menunjukkan kepadaku di mana letaknya samudera yang luas. Sekian lama aku mencarinya tapi selama itu pula aku tidak menemukannya?”.

Ikan tua itu balik bertanya, “Hai ikan muda, kenapa engkau mencari-cari samudera, bukankah sekarang engkau sedang berada di tengah-tengah samudera?”. “Mana mungkin, ini hanyalah air. Aku berada di dalam air. Sejak dilahirkan aku hidup di dalam air seperti ini!”.

Dengan penuh kecewa, ikan muda tersebut pergi kembali untuk mencari-cari samudera.

Ikan muda tersebut hakikatnya cerminan diri kita, dan samudera yang luas adalah cerminan kebahagiaan. Siang-malam kita mencari kebahagiaan, tapi sepanjang siang dan malam itu pula kita gagal mendapatkannya. Padahal, kebahagiaan itu tidak perlu kit cari jauh-jauh. Kebahagiaan itu ada di dekat kita. Bahkan, kita berada di dalamnya.

Yang jadi masalah kita tidak sadar dan tidak tahu apa yang namanya kebahagiaan tersebut; di mana letaknya dan bagaimana cara mendapatkannya. Seringkali kita menganggap bahwa kebahagiaan berasal dari hal-hal di luar diri kita; harta, pangkat, jabatan, pengaruh, pencapaian prestasi akademik, atau terpenuhinya segala keinginan. Padahal bukan itu sumber kebahagiaan yang utama, Sumber kebahagiaan ada pada diri, ada pada relung-relung hati yang terdalam, dan pada cara pandang kita terhadap dunia.

Wassalam Ama@2009

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: