Beranda > Uncategorized > Penyebab Ibadah Tidak Diterima

Penyebab Ibadah Tidak Diterima

Rasulullah saww bersabda, “Ibadah  yang disertai dengan memakan (makanan) yang haram sama saja seperti (mendirikan) bangunan di atas pasir” (Al-Bihar 103 : 16)

Seorang mukmin sejati bersikap sabar terhadap musibah apa pun yang menimpanya. Ia sabar karena ia percaya akan kebijaksanaan dan rahmat Allah, dan yakin bahwa ia akan mengetahui hikmah dan manfaat dari kesulitannya tersebut: belajar melalui percobaan.

Ia sabar menjalani hidup tanpa melakukan hal-hal yang diharamkan. Ia sabar pada saat-saat sulit, dengan keyakinan bahwa semuanya akan berakhir dengan kebahagiaan. Allah menasihatinya untuk mengalahkan musuhnya : ego-nya, musuh utamanya dalam hidup sesuai dengan ajaran Tauhid.

Namun sedikit sekali orang-orang yang imannya kuat yang dapat bertahan tidak hanyut dalam arus kehidupan, ditengah-tengah budaya persaingan, materialistik, dan eksploitatif.

Lingkungan seperti ini mungkin lebih mempertebal iman orang yang telah kuat imannya, namun akan menyebabkan banyak kesulitan dan kebimbangan bagi orang-orang yang lemah imannya.

Kebanyakan kita membutuhkan legitimasi dari orang-orang yang berpikiran sama dengan kita;  perasaan aman tidak hanya ditemukan pada jumlahnya saja, namun juga pada kualitasnya. [100]

MEMAKAN HARTA HARAM

Ada beberapa sebab ibadah tidak diterima Allah. Di antaranya adalah : memakan harta haram. Imam Khomeini qs memasukkan memakan harta haram sebagai salah satu dari 41 dosa-dosa besar. [101]

Mengkonsumsi makanan yang haram dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh, dan masyarakat, secara politik dan ekonomi. Bahaya paling besar lantaran makanan haram, dari sisi individu dan sosial, adalah kehancuran dan kemerosotan akhlak.

Al-Qur’an menerangkan, “Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil dan janganlah kamu membawa urusan harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui. (QS Al-Baqarah: 188)

Rasulullah saww bersabda, “Allah melaknat pemberi suap, penerima suap, dan perantara di antara keduanya.”

Imam Ja’far al-Shadiq as berkata, “Memakan (makanan yang) haram memiliki banyak jenis.” Ya, lelaki dan wanita yang berzina, juga pemakan suap, termasuk kategori orang yang memakan (makanan) haram. Imam Ja’far al-Shadiq as melanjutkan, “Adapun suap dalam masalah hukum adalah kekafiran terhadap Allah yang Mahaagung.”

Imam Ja’far al-Shadiq as berkata, “Tidak ada ibadah yang lebih utama daripada menjaga kehormatan perut dan kemaluan.”

Imam al-Sajjad as berkata, “Hak perut Anda adalah bahwa Anda tidak menjadikannya sebagai tempat penampungan makanan haram.”

Imam Ali Zainal Abidin al-Sajjad as jugaberkata, “Tidak ada sesuatu yang lebih Allah cintai setelah pengenalan keberadaan-Nya (ma’rifatullah) daripada menjaga kehormatan perut dan kemaluan.”

Rasulullah saww bersabda, “Ada 3 perkara yang saya takutkan menimpa umat saya, yaitu kesesatan setelah memperoleh petunjuk, fitnah-fitnah yang menyesatkan, serta syahwat perut dan kemaluan.”

Imam Muhammad al-Baqir as berkata, “Semua dosa-dosa adalah berat dan besar; sementara dosa paling besar adalah dosa yang dengannya tumbuh daging dan darah.”

Beliau juga berkata, “Jika seseorang mencari harta haram, maka ibadah haji, umrah, dan silaturahminya tidak akan diterima”

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Nabi Musa as melihat seseorang yang tengah menangis dan memohon kepada Tuhan. Dia mengangkat kedua tangannya ke arah langit seraya berdoa dengan penuh khusyu’. Kemudian Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Musa as, “Meskipun dia berdoa dengan sungguh-sungguh, maka doanya tidak akan pernah terkabul. Karena, di dalam perutnya terdapat barang haram, di atas pundaknya terdapat barang haram, dan di dalam rumahnya terdapat barang haram.”

Seseorang datang menghadap Rasulullah saww seraya berkata, “Saya ingin doa saya terkabul.” Lalu Rasulullah saww bersabda, “Sucikanlah makanan Anda dan janganlah Anda masukkan barang haram kedalam perut Anda. Barangsiapa yang ingin doanya terkabul, maka hendaklah dia mencari makan dan pekerjaan yang halal.”

Dalam sebuah riwayat lainnya disebutkan bahwa meninggalkan segenggam makanan haram saja, di sisi Allah, adalah lebih mulia ketimbang pahala melakukan shalat sunah 2.000 rakaat. Dan menolak 1/6dirham (satuan mata uang) harta haram adalah lebih utama daripada melaksanakan70 ibadah haji yang diterima.

Rasulullah saww bersabda, “Barangsiapa yang penghidupannya dari harta yang haram, maka Allah  tidak  menerima sedekahnya,  tidak  menerima amal memerdekakan budaknya, tidak juga menerima hajjinya dan umrahnya dan Allah mencatatnya amalnya yang banyak dengan  kebatilan dan  tiada tersisa amalnya setelah kematiannya  sehingga  akhirnya ia  digiring ke neraka. Tetapi jika  ia meninggalkan usaha  haramnya itu karena takut kepada Allah,  maka (Allah) masukkan ia ke dalam cinta-Nya dan rahmat-Nya dan diperintahkan kepadanya untuk masuk ke surga” [102]

DURHAKA KEPADA KEDUA ORANGTUA

Faktor lainnya yang menyebabkan ibadahseseorang ditolak adalah durhaka kepada kedua orangtua. Imam Ja’far al-Shadiq as mengatakan, “Barangsiapa yang memandang kedua orang tuanya dengan pandangan kesal atau benci, maka shalatnya (ibadahnya) tidak diterima” [103]

MELAKUKAN GHIBAH

Ghibah juga dapat mengakibatkan ibadah-ibadah kita ditolak Allah ‘Azza wa Jalla. Rasulullah saww bersabda, “Barangsiapa mengumpat (ghibah) seorang muslim lelaki mau pun perempuan (yang tidak zalim) maka tidak diterima shalatnya, dan puasanya selama empat puluh hari empat puluh malam, kecuali orang diumpat memaafkannya” [104]

MERINGAN RINGANKAN SHALAT

Meringan-ringankan atau meremehkan shalat juga termasuk sebab ditolaknya ibadah-ibadah kita. Imam al-Shadiq as mengatakan, “Demi Allah! Bahwasanya ada seorang laki-laki yang melakukan shalat selama lima puluh tahun, tetapi tidak ada satu pun shalatnya yang diterima. Mana ada yang lebih mengerikan dari hal ini?!  Demi Allah!  Sesungguhnya kalian tidak tahu, baik dari tetangga atau sahabat kalian bahwa orang itu tidak diterima shalatnya karena ia meringan-ringankannya” [105]

MINUM KHAMAR

Tentang meminum khamar, Rasulullah saww diriwayatkan bersabda, “Orang yang minum khamar tidak diterima shalatnya selama 40 subuh (hari)” [106]

Dalam riwayat lainnya, Imam Ja’faral-Shadiq as juga berkata, “Tidak diterima shalat peminum khamar selama 40 hari, kecuali ia bertaubat” [107]

TIDAK IKHLAS

Rasulullah saww bersabda, “Jika engkau melakukan amal (ibadah), lakukanlah semata-mata karena Allah dengan ikhlas, karena tidak akan diterima amal (ibadah) dari hamba-hamba-Nya, kecuali yang dilakukan dengan ikhlas” [110]

Laa hawla wa laa quwwata illa billah.

Naskah : Quito Riantori 

About these ads
Kategori:Uncategorized
  1. muchlis
    14 Januari 2012 pukul 9:19 pm

    guru saya pernah berkata kalau menyimpan video porno itu bisa membuat sholat seseorang tidak diterima. apakah itu benar?

    -terima kasih sebelumnya-

    • kampoengsufi
      14 Januari 2012 pukul 10:10 pm

      kalau disimpan dalam pikiran, terlebih jika disimpan dlm ‘shalat’…???

  2. 19 Januari 2012 pukul 11:09 am

    bilakah lingkungan sekitar sudah sedemikian rupa nya…hijrah menjadi pilihan tapi tak punya kekuatan untuknya…bagaimanakah perlakuan kita?

  3. firdausi
    20 Januari 2012 pukul 1:52 pm

    Subhanallah..makasih ilmunya :)

  4. Xarel X
    17 Februari 2012 pukul 5:06 pm

    orang-orang yang suka memakan yang haram, maka akan direinkarnasi menjadi hewan yang haram. hikmah diharamkan tersebut agar kita tidak terkena efek karma dalam binatang yang harom tsb.

  5. 21 Februari 2012 pukul 9:27 am

    Mo nanya hikmah atau rahasia ditolaknya sholat sesudah meminum khamar. Kenapa 40 hari, adakah alasan logisnya dari sisi psikologis atau medis? Terima kasih :)

    • nawawi ardan
      21 Oktober 2012 pukul 10:51 am

      saya pernah dengar bahwa orang yang meminum khamar, darahnya akan tercemari sampai 40 hari, jadi darahnya baru bersih setelah 40 hari >>>>>

    • 7 September 2013 pukul 9:34 pm

      Hasil pelitihan, Qamar didalam tubuh selama 40 hari belum hilang didalam tubuh. Itu maka Ibadah tidak diterima selama 40 hari.

  6. 23 Maret 2012 pukul 6:28 pm

    Salam wa rahmah
    Blog antum sungguh menarik. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari blog ini.
    Semoga selalu istiqomah di jalan Rasulullah dan ahlulbaitnya yang suci.

    • kampoengsufi
      23 Maret 2012 pukul 7:38 pm

      Wass…
      Mohon masukkan nama kami di setiap rangkaian ketulusan doa-doa antum.
      Salam Bahagia

  7. romeo
    19 Agustus 2012 pukul 6:53 pm

    ceh!!!termasuk dalam blog syiah la pulak..kan khomeini tu syiah..dalil semua puak syiah punya…aswj jgnla terikot golongan syiah nie..:(

  8. 21 Oktober 2012 pukul 3:58 pm

    Semoga Allah swt menganugerahi kita kemampuan memahami suatu fenomena dengan benar. Di Indonesia mayoritas penduduknya mengaku penganut Islam Mazhab Syafi’i tetapi mereka memiliki kebiasaan yang sudah membudaya untuk makan kenduri pada orang mati, tidak kisah orang mati tersebut kaya atau miskin, tidak kisah orang mati tersebut meninggalkan anak-anaknya yang masih kecil (anak yatim) atau tidak. Pokoknya kecil-besar, sikat saja. Ketika kita buka kitab Imam Syafi’i yang terkenal dengan sebutan “Kitab Um”, disana tertulis bahwa pendapat Imam Syafi’i, boleh kenduri orang mati, kalau simati tidak meninggalkan anak kecil (anak yatim) tetapi andaikata simati itu meninggalkan anak yatim, kenduri pada kematian orang tersebut adalah bid’ah mungkarah. Pertanyaannya kerap kali orang mengaku pengikut Imam Syafi’i tetapi mengapa tidak menyelidiki bagaimana pendapat beliau dalam hal kenduri orang mati?

    Sesuai keterangan Imam Syafi’i dalam kitab Om tersebut berarti sepertinya para kiyai dan tengku di Jawa dan di Aceh, kerap berseru saat ada orang mati:”Wahai kaum muslimin mari kita serbu makanan anak yatim yang baru saja meninggal Dunia kemaren!” Apakah kalimat saya tersebut termasuk dalam katagori menyakiti hati orang banyak atau dakwah berislakh? Bukankah mayoritas mereka tidak diterima Allah semua ‘ibadah mereka sesuai keterangan diatas, memakjan harta haram? Sayangnya mereka menuduh orang Muhammaddiah menguburkan orang mati macam menguburkan binatang dengan alasan tidak membuat kenduri. Apabila kita mau berdebat dengan mereka kerap bertambah permusuhan. Semoga respon kita ini menjadi perhatian mereka yang mengklaim diri pengikut Imam Syafi’i tetapi bertolak belakang sepak terjangnya dsengan Imam Syafi’i.

    Perlu kita beritahukan bahwa kita bukan Muhammaddiah tetapi Syi’ah Imamiah 12 yang toleran terhadap mazhab manapun kecuali mazhab yang menganggap komunitas yang berseberangan pikiran dengan mereka adalah sesat dan kafir hingga guru-guru mereka berfatwa bahwa halal darah, untuk membunuh kaum yang bertentangan dengan mereka. Sementara yang kita ketahui, jangankan membunuh orang Islam yang beda mazhab dengan kita, membunuh orang kafirpun dikutuk oleh Allah swt (baca ayat Allah: “Lakum dinukum waliadin” atau “Walana a’maluna. walakum a’malukum”)

  9. 26 Desember 2012 pukul 8:54 am

    May I simply say what a relief to find somebody that really knows what they’re discussing on the internet. You certainly realize how to bring a problem to light and make it important. More and more people need to look at this and understand this side of the story. I was surprised that you’re not more popular since you definitely possess the gift.

  10. yenny
    28 Maret 2013 pukul 11:00 am

    salam.saya mohon kebenaran untuk berkongsi (share) maklumat di dalam blog tuan.Agar dpt memberi ilmu buat rakan2 se muslim..T kasih

    • kampoengsufi
      29 Maret 2013 pukul 5:56 am

      Silakan,,,,, sangat senang untuk berbagi (sharing)
      .
      Salam wa Rahmah

  11. 12 Mei 2013 pukul 8:12 pm

    For many regions, the entire rpm distributed free of charge STB The costs have
    been overwhelmed, and then implementation of the Reconstruction of two-way network, the funding
    is clearly beyond its capability. As an Internet broadcaster, it is high time that you pick on
    these available opportunities and add that $ilver sheen to your broadcasting happiness.

    Back in the day, people had little choice but to take what was given to
    them as their “lot in life.

  12. joss
    10 Juni 2013 pukul 10:46 am

    sangat bermanfaat

  13. indra lesmana
    27 Juni 2013 pukul 9:24 pm

    assalamu’alaikum..
    saya mau bertanya…
    jika ada seorang anak menerima makanan dari pekerjaan haram orang tuanya…
    bagaimana???

  14. 18 Juli 2013 pukul 6:32 am

    It does appear, however, that hypnosis can help a
    person achieve his or her weight loss goals. For many working to lose weight,
    one failure is enough to get them off the path to success.
    Then leave it a while until your tummy lets you know that
    you’re hungry again before opting for a healthy snack.

  15. 30 Juli 2013 pukul 9:31 am

    Believing that you are actually starving, it releases chemicals that actually make it harder to lose weight in an effort to conserve energy.
    Vitamin B3 or also called as Niacin is important in weight loss because it is responsible for the
    regulation of thyroid hormones and also in sugar levels in the
    body. Now, the average healthy amount people are supposed to lose is 2 pounds per week.

  16. 7 September 2013 pukul 9:40 pm

    Hasil Penelitihan, Qamar didalam tubuh selama 40 hari belum bisa hilang total.
    Itu maka Peminum Qamar tidak diterimah Ibadahnya selama 40 hari.

  17. 18 Desember 2013 pukul 11:22 pm

    syaitan amat gerus ya sama mukhlisin

  18. 11 Maret 2014 pukul 11:05 pm

    Thanks for a marvelous posting! I seriously enjoyed reading it, you are a great author.
    I will make certain to bookmark your blog and
    will eventually come back someday. I want to encourage continue your
    great writing, have a nice afternoon!

  19. 2 September 2014 pukul 5:33 pm

    Awesome blog! Do you have any suggestions for aspiring
    writers? I’m planning to start my own website soon but I’m a little lost on everything.
    Would you propose starting with a free platform like WordPress
    or go for a paid option? There are so many options out there that I’m totally overwhelmed ..
    Any recommendations? Thanks a lot!

  20. 18 September 2014 pukul 7:46 pm

    Hi everyone, it’s my first visit at this site, and piece of writing is really fruitful for me, keep up posting these types of content.

  21. 20 September 2014 pukul 9:13 pm

    Hey there! This is my first comment here
    so I just wanted to give a quick shout out and tell you I really enjoy reading your articles.

    Can you suggest any other blogs/websites/forums that
    deal with the same subjects? Thanks a ton!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: